%0 Thesis %9 Skripsi %A MELIANA ROBIATULMAHMUDAH, NIM. 17104020042 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:44674 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Analisis, Buku Bahasa Arab, Madrasah Aliyah %P 252 %T ANALISIS BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENAG TAHUN 2020 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44674/ %X Penelitian ini dilakukan karena terdapat perubahan pada kurikulum berdasarkan KMA 183 tahun 2019, Keputusan Menteri Agama tersebut mengharuskan perubahan pada buku pelajaran dalam segi substansi materi. Kemenag telah menerbitkan buku teks bahasa Arab tingkat Aliyah mencakup kelas X, XI, XII yang disesuaikan dengan KMA 183 tahun 2019. Namun, berdasarkan wawancara terhadap guru pengampu ditemukan beberapa keluhan, diantaranya isi/materi buku ajar sulit, kesalahan dalam penulisan, hingga ketidaksesuaian gambar ilustrasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan buku bahasa Arab tingkat Aliyah terbitan Kemenag tahun 2020 sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab ditinjau dari standar kelayakan menurut BSNP yang mencakup kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan objek penelitian buku bahasa Arab tingkat Aliyah yang disesuaikan dengan KMA 183 tahun 2019. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, segi isi/materi secara umum kekurangan ketiga buku terdapat pada keakuratan ilustrasi, khusus buku kelas X materi perlu dilengkapi sesuai kurikulum, dan khusus kelas XII perlu diperhatikan segi pembahasan gramatika dimana ditemukan kesalahan penyebutan adawatul jazmi. Kedua, segi penyajian perlu diperhatikan keseimbangan materi tiap bab dan kelengkapan pendukung penyajian. Ketiga, segi kebahasaan kekurangannya yaitu kekeliruan dan ketidaksempurnaan syakal pada beberapa kata yang berupa susunan idhofah dan na’at man’ut. Keempat, dari segi kegrafikan ketiga buku tersebut memiliki desain yang mirip, kekurangannya adalah penggunaan kaligrafi yang kurang diperhatikan tingkat keterbacaan pada cover buku, penulisan judul yang terlalu kecil, terdapat gambar yang kurang proporsional, dan sulit diinterpretasikan. %Z Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S. Pd. I., M.S.I.,