eprintid: 44683 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/46/83 datestamp: 2021-09-22 07:39:40 lastmod: 2021-09-22 07:39:40 status_changed: 2021-09-22 07:39:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ruci Fela, NIM.: 16720054 title: ADOPSI INOVASI PENGGUNAAN WEBSITE KAMPOENGCYBERDAYA.COM OLEH PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAMPOENG CYBER YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kom_sos subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: UMKM; Kampung Cyber; marketplace note: Pembimbing: Ambar Sari Dewi S.Sos., M.Si., Ph.D. abstract: Keberadaan teknologi informasi dalam lingkungan usaha menjadi suatu kebutuhan bagi setiap pelaku usaha guna mencapai efisiensi dan efektifitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan UMKM adalah dengan menerapkan teknologi informasi seperti penggunaan website yang dilakukan oleh para pelaku UMKM di Kampoeng Cyber bernama www.kampoengcyberdaya.com. Website ini memuat katalog produk dan informasi UMKM milik warga Kampoeng Cyber. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana tahapan adopsi inovasi dalam penggunaan website oleh pelaku UMKM di Kampoeng Cyber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adopsi inovasi dalam penggunaan website dan menjelaskan faktor pendorong dan faktor penghambat adopsi inovasi penggunaan website kampoengcyberdaya.com oleh pelaku UMKM di Kampoeng Cyber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumen. kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu diuji menggunakan teknik Triangulasi Sumber. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat dinamika dalam proses adopsi inovasi penggunaan website oleh pelaku UMKM di Kampoeng Cyber. Pertama, terdapat proses pengenalan website yang dilakukan oleh Ketua RT dan Koordinator Kampoeng Cyber kepada warga masyarakat RT 36. Kedua, peningkatan kemampuan penggunaan website oleh pelaku UMKM dengan cara mengikuti pelatihan dan belajar secara mandiri. Ketiga, terdapat kendala dalam penggunaan website oleh pelaku UMKM seperti kurangnya modal, dan sumber daya manusia yang mampu dan paham dalam mengelola website . Berdasarkan hasil penelitian, proses adopsi inovasi penggunaan website oleh para pelaku UMKM di Kampoeng Cyber telah melalui lima tahapan yaitu tahap pengetahuan (knowledge), tahap persuasi (pesuasion), tahap pengambilan keputusan (decision), tahap implementasi (implementation), dan tahap konfirmasi (confirmation). Para pelaku UMKM sebagai adopter telah melalui semua tahapan dalam adopsi penggunaan website yang pada akhirnya memutuskan untuk menerima dan menggunakan website tersebut disamping menggunakan perangkat lain untuk menunjang usaha mereka. Adapun proses yang dilalui oleh para pelaku UMKM dipengaruhi oleh faktor individu, meliputi selective perception, motivasi, dan kepercayaan, dan faktor sosial meliputi umur, jenis kelamin, tempat tinggal, agama, pendapatan, dan pekerjaan. date: 2020-09-18 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ruci Fela, NIM.: 16720054 (2020) ADOPSI INOVASI PENGGUNAAN WEBSITE KAMPOENGCYBERDAYA.COM OLEH PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAMPOENG CYBER YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44683/1/16720054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44683/2/16720054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf