@phdthesis{digilib44706, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17106070041 Lula Leo Nyta}, year = {2021}, note = {Agus Kamaludin, M.Pd}, keywords = {Penelitian Pengembangan, Instrumen Penilaian, Higher Order Thinking Skills, Laju Reaksi Kimia}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44706/}, abstract = {Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan suatu kemampuan yang berkaitan erat dengan penalaran, analisis, membuat keputusan, dan memecahkan masalah. Kemampuan inilah yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik pada pembelajaran abad 21. Higher Order Thinking Skils (HOTS) dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran hingga penilaian pembelajaran. Laju reaksi kimia merupakan bagian mendasar dari studi kimia dan menjelaskan banyak konsep kimia yang penting. Materi laju reaksi memuat perhitungan matematis dan memiliki banyak faktor terjadinya laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi laju reaksi kimia berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, guru kimia SMA/MA dan di uji cobakan ke peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari tahap pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan bentuk awal, uji lapangan persiapan, revisi produk utama, uji lapangan, pelaksana revisi produk, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, dan penyebaran atau pengimplementasian. Akan tetapi, dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap ketujuh yaitu revisi produk akhir. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan empat peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga guru kimia SMA/MA. Produk di uji cobakan ke 42 peserta didik SMA/MA Kelas XI untuk ditentukan validitas dan reliabilitas intrumen penilaian. Produk yang telah divalidasi merupakan instrumen penilaian berisi materi laju reaksi kimia yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 96,67\% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 95,55\% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 96,44\% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk diuji cobakan ke peserta didik SMA/MA kelas 11 dan mendapatkan hasil 11 soal valid serta reliabilitasnya sebesar 0,656.} }