eprintid: 44710 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/47/10 datestamp: 2021-09-23 04:30:30 lastmod: 2021-09-23 04:30:30 status_changed: 2021-09-23 04:30:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AURELIA REVI PUSBELINA, NIM.17106070023 title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, E-Modul, Chemo-entrepreneurship, Larutan Penyangga note: Agus Kamaludin, M.Pd., abstract: Pendidikan berwawasan kewirausahaan merupakan pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi pembentukan kecakapan hidup (life skill). Peserta didik diajarkan untuk mengaplikasikan pengetahuan, mengasah keterampilan dan kecakapan hidup untuk mengolah suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Hal ini tidak hanya dengan pengetahuan kognitif saja melainkan ranah afektif. Jiwa wirausaha merupakan ranah afektif yang perlu ditanamkan pada peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kualitas e-modul chemo-entrepreneurship berbasis instagram pada materi larutan penyangga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat pendidik kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media sosial instagram berisi materi larutan penyangga yang memuat materi berkarakteristik CEP dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 88,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase 94,67% dengan kategori Sangat Baik (SB). E-modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 94,00%. date: 2021-05-28 date_type: published pages: 200 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AURELIA REVI PUSBELINA, NIM.17106070023 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL CHEMO-ENTREPRENEURSHIP BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44710/1/17106070023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44710/2/17106070023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf