eprintid: 44713 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/47/13 datestamp: 2021-09-23 04:52:49 lastmod: 2021-09-23 04:52:49 status_changed: 2021-09-23 04:52:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anisa Dwi Destiyawati, NIM. 17106070009 title: PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Penelitian Pengembangan, Flash card, Tata Nama Kimia, Media Pembelajaran Mandiri, MA Miftahul Ulum note: Laili Nailul Muna, M.Sc. abstract: Terdapat beberapa kendala pembelajaran di MA Miftahul Ulum pada masa pandemi. Adapun kendala pembelajaran yaitu tidak diperbolehkan menggunakan handphone. Kendala lain tidak terciptanya minat belajar siswa terkait materi tata nama kimia. Hal ini terjadi karena metode yang sering digunakan ialah ceramah. Selain itu materi tata nama kimia dianggap sulit dikarenakan banyak konsep dan hafalan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan guna mengembangkan media pembelajaran flash card untuk membantu proses belajar mandiri pada materi tata nama kimia dan mengetahui kualitas dari media flash card berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, reviewer (guru kimia), dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap develop (pengembangan). Produk yang telah dibuat ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Sedangkan kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga reviewer (guru kimia), serta direspon oleh sepuluh peserta didik MA kelas X. Kualitas produk dinilaikan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dinilaikan menggunakan lembar angket skala Guttman. Media flash card tata nama kimia yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran 6x10cm setiap kartunya. Flash card ini berisikan konsep penamaan senyawa, daftar kation/anion penting, contoh soal, dan latihan soal. Selain itu media ini dilengkapi dengan lembar petunujuk penggunaan. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 94,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), dari ahli media diperoleh persentase keidealan 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dari guru kimia diperoleh persentase 90,27% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan respon peserta didik diperoleh persentase keidealan 98,46%. date: 2021-06-21 date_type: published pages: 171 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anisa Dwi Destiyawati, NIM. 17106070009 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD TATA NAMA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK SISWA KELAS X MA MIFTAHUL ULUM ULUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44713/1/17106070009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44713/2/17106070009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf