relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44838/ title: PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN creator: Irvan Sulistiawan, NIM.: 16600079 subject: Metode Pembelajaran description: Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi game edukasi untuk memfasilitasi pemahaman konsep berbasis etnomatematika. Produk yang dikembangkan memuat materi, game dan latihan mengenai materi lingkaran untuk memfasilitasi pemahaman konsep berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model PPE. Tahap PPE meliputi perencanaan (planning), produksi (production), dan evaluasi (evaluation). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi OSIRA dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh user. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi dan oleh ahli media aplikasi android ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa aplikasi game edukasi OSIRA valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan dilakukan oleh 15 user mendapat persentase sebesar 91% sehingga aplikasi android ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi game edukasi OSIRA berbasis etnomatematika layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi lingkaran. date: 2020-11-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44838/1/16600079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44838/2/16600079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Irvan Sulistiawan, NIM.: 16600079 (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LINGKARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.