%0 Thesis %9 Laporan D3 %A NUNING HASANAH - NIM. 98130010, %B /D3 - Laporan PKL/ %D 2010 %F digilib:4485 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Layanan, Sirkulasi, Perpustakaan %T PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN IAIAN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4485/ %X ABSTRAK Untuk dapat menguasai informasi orang harus dekat dengan perpustakaan, karena selain berfungsi sebagai penyalur informasi, perpustakaan juga merupakan pusat informasi,tempat penyimpanan bebagai informasi. Ada lima kegiatan pokok yang harus dilakukan perpustakaan yang merupakanobyek studi perpustakaan yaitu pengadaan bahan pustaka,pengolahan bahan pustaka, pelayanan sirkulasi, pelayanan referensi, dan pelayanan administrasi perpustakaan. Pelayanan sirkulasi sesungguhnya merupakan bagian dari system layanan informasi di perpustakaan. Secara umum kegiatan pelayanan di perpustakaan terbagi menjadi dua yaitu teknis dan layanan pembaca. Pelayanan sirkulasi adalah salah satu bagian dari kegiatan pelayanan pembaca. Keberadaan pelayanan sirkulasi ini memiliki nilai yang sangat signifikan bagi sebuah perpustakaan, karena baik buruknya sebuah perpustakaan bergantung pada layanan sirkulasi yang diberikan kepada pemakai jasa layanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam laporan ini adalah metode observasi yaitu melalui pengamatan dan pencatatan terhadap gejala pada obyek penelitian. Kemudian metode dokumentasi yaitu pengumpulan data melalui peninggalan tertulis yang berhubungan dengan masalah penyelidikan, dan metode studi kepustakaan yaitu menelaah buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Dan dengan metode wawancara yaitu metode pengumpulan data dengan cara Tanya jawab secara sistematis dan sesuai dengan tujuan penelitian. Dari laporan Praktek Kerja Lapangan di Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan terbagi menjadi dua jenis yaitu pelayanan teknis dan pelayanan pemakai. Pelayanan Sirkulasi adalah salah satu pelayanan pemakai yang dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam layanan sirkulasi ini menggunakan system open access dalam pemanfaatan koleksinya. Open access ini membuat petugas sirkulasi menjadi lebih sibuk karena banyak buku yang harus ditata/shelfing, disamping banyak pula buku yang rusak dan harus segera diperbaiki karena pemakaian dari pengguna. Bagian sirkulasi melayani berbagai kegiatan seperti pendaftaran anggota, peminjaman, pengembalian, penagihan, bebas pustaka, sanksi-sanksi, statistic, shelfing, filing, penitipan tas dan barang serta penelusuran literatur %Z Pembimbing : ANIS MASRURI, S.Ag., SIP.