%0 Thesis %9 Skripsi %A Ony Hardika Rosfani, NIM.: 16670020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:44895 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penelitian dan Pengembangan, Modul, Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kimia Unsur %P 219 %T PENGEMBANGAN MODUL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) KIMIA MATERI KIMIA UNSUR UNTUK SMA/MA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44895/ %X Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang ideal meliputi penyampaian konsep, latihan, dan evaluasi soal-soal non rutin secara komprehensif, intensif, dan berkelanjutan. Akan tetapi, pembinaan OSN di sekolah tidak berjalan demikian, materi-materi yang memuat konsep perhitungan lebih diprioritaskan sehingga materi seperti kimia unsur dipelajari secara mandiri oleh peserta didik. Sebagian besar materi kimia unsur dalam silabus OSN tidak termasuk ke dalam program kurikulum nasional, sehingga peserta didik dituntut untuk dapat mencari bahan ajar di luar buku mata pelajaran kimia SMA/MA. Kendati demikian, fasilitas buku untuk menunjang pembinaan OSN masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia materi kimia unsur untuk SMA/MA yang diharapkan dapat menjadi bahan ajar mandiri bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri menghadapi OSN. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall yang mencakup lima tahap, yakni (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) uji coba lapangan awal; dan (5) penyempurnaan produk utama. Produk divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewer (guru dan pembina OSN kimia SMA/MA), dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA MIPA. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon terhadap produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang dikembangkan berupa modul cetak dengan ukuran B5 yang disusun sesuai dengan silabus OSN dan disajikan dengan soal-soal SBMPTN, UM, OSK, OSP, dan OSN sebagai soal evaluasi dan disertai dengan kunci jawaban. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi menunjukkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan produk sebesar 100%, penilaian oleh ahli media menunjukkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan produk sebesar 96,36%, penilaian oleh empat reviewer menunjukkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan produk sebesar 86,90%. Sementara hasil respon oleh sepuluh peserta didik sangat positif dengan persentase keidealan sebesar 93%. %Z Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd