eprintid: 44942 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12257 dir: disk0/00/04/49/42 datestamp: 2021-10-04 03:38:13 lastmod: 2021-10-04 05:03:07 status_changed: 2021-10-04 05:03:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIA RIZKI ANANDA, NIM : 16410050 title: IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI SISWA DI SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Nilai Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Toleransi note: Pembimbing : Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag, abstract: RIA RIZKI ANANDA, Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Toleransi Siswa di SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah penulis melihat keberagaman warga sekolah yang ada di SD Negeri Sinduadi 1 Mlati baik dari segi agama, ekonomi, latar belakang, bahasa, dan budaya. Dari kemajemukan tersebut tak dapat dipungkiri di sekolah rawan terjadi diskriminasi maupun sikap intoleran siswa. Melihat kondisi tersebut mendukung adanya implementasi nilai-nilai pendidikan multikutural. Oleh karena penulis tertarik ingin mengetahui secara dalam bagaimana upaya sekolah dalam membangun kerukunan dan sikap toleransi siswa melalui penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan toleransi siswa, hasil dari pelaksanaannya, dan faktor pendukung serta penghambat implementasi nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan toleransi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti memberikan dampak terhadap peningkatan sikap toleransi siswa di SD Negeri Sinduadi 1 Mlati. Implementasinya dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan guru PAI dan BP, selain itu juga melalui materi pelajaran yang berkaitan dengan pendidikan multikultural. Adapun hasil yang telah dicapai ditunjukkan melalui sikap menghormati hak setiap orang, keyakinan orang lain, setuju dalam perbedaan, saling mengerti, kesadaran, kejujuran, dan sikap tolong-menolong. Hasil tersebut dapat tercapai dengan baik karena adanya faktor pendukung, yaitu: kepribadian guru, kebersamaan warga sekolah, fasilitas sekolah dan kegiatan yang mendukung implementasi nilai pendidikan multikultural seperti upacara bendera, pramuka, kurban, buka puasa bersama, acara 17 Agustus. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat, yaitu keadaan lingkungan sekitar dan juga sifat individu siswa. date: 2020-10-27 date_type: published pages: 166 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RIA RIZKI ANANDA, NIM : 16410050 (2020) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN TOLERANSI SISWA DI SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44942/1/16410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44942/2/16410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf