relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45006/ title: EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA creator: Puji Prihwanto, S.Sos.I, NIM.: 19200010014 subject: Bimbingan dan Konseling Islam subject: Motivasi description: Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat efektivitas implementasi art therapy untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa SMK Bhinneka Karya Surakarta. Konsep diri akademik merupakan faktor penting yang mempengaruhi motivasi belajar dan pencapaian prestasi belajar siswa. Siswa yang memiliki konsep diri akademik positif akan terdorong untuk meraih prestasi akademik yang tinggi. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa mayoritas siswa SMK Bhinneka Karya memiliki konsep diri akademik rendah, seperti minat belajar yang rendah, tidak mengetahui kompetensi yang dimiliki, tidak memahami bakat diri sendiri, dan meragukan kemampuan untuk berhasil di masa depan. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa, sehingga siswa mampu mencapai hasil akademik yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa adalah melalui art therapy. Art therapy adalah bentuk terapi dengan menggunakan media seni, dalam hal ini adalah seni menggambar. Implementasi art therapy diharapkan dapat meningkatkan konsep diri akademik siswa sehingga peningkatan pencapaian prestasi akademik juga tercapai. Penelitian ini menggunakan jenis desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Bhinneka Karya Surakarta. Sistem pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling, yaitu memilih beberapa siswa secara acak dari salah satu kelas untuk dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas XII Teknik Otomotif C yang terdiri dari enam orang kelompok eksperimen dan enam orang kelompok kontrol. Pemberian perlakuan art therapy dilakukan sebanyak delapan sesi selama empat hari berturut-turut. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala konsep diri akademik yang disusun peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent t test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan konsep diri akademik kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 3.662 Sig.(2tailed ) 0.004. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan berupa implementasi art therapy. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai 0,34 sehingga termasuk dalam kategori efektif sedang. Pengakuan subjek penelitian juga menunjukkan adanya sikap akan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu implementasi art therapy efektif digunakan untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa SMK Bhinneka Karya Surakarta. date: 2021-04-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45006/1/19200010014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45006/2/19200010014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Puji Prihwanto, S.Sos.I, NIM.: 19200010014 (2021) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.