%0 Thesis %9 Skripsi %A Feri Nugroho, NIM.: 14480162 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran daring; belajar; mengajar; Mata Pelajaran IPA; %P 100 %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING KELAS II SD NEGERI GUPAKAN I KAPANEWON TEPUS GUNUNGKIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45015/ %X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerapkan kebijakan learning from home atau belajar dari rumah (BDR) melalui surat edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), maka dilaksanakan pembelajaran daring,dengan demikian SD Negeri Gupakan I harus melakukan pembelajaran daring, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas II di SD Negeri Gupakan I dan untuk mengetahui problematika yang muncul dalam pembelajaran daring pada kelas II di SD Negeri Gupakan I. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data wawancara,observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pembalajaran daring dilakukan dengan menggunakan media komunikasi Whataspp. Problematika yang muncul dalam pembelajaran daring yaitu Orang tua/ Wali Siswa yang tidak memiliki smartphone sendiri dan susahnya jaringan internet, Bahan ajar yang kurang menarik, dan Kurangnya motivasi dalam belajar siswa. %Z Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd.