TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Moch Fuad, M.Pd. ID - digilib45016 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45016/ A1 - Ahfash Tontowi, NIM.: 15410170 Y1 - 2021/04/23/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah besarnya ancaman kerugian yang dapat terjadi akibat bencana alam. Isu bencana alam sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan terhadap bencana. Hal ini disebabkan oleh karena pergerakan lempeng bumi maupun aktivitas dari pegunungan aktif yang melalui Indonesia. Bencana bukan hanya menimbulkan kerugian fisik, akan tetapi juga menimbulkan efek traumatis bagi korbannya. Berbagai program maupun kebijakan telah dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia menangani isu bencana alam ini, salah satunya melalui Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) bagi sekolah-sekolah yang berada di wilayah dengan resiko bencana tinggi seperti di SMA Negeri 1 Kokap. Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia memiliki cara pandang yang sesuai dengan Program SSB ini, bahwa bencana yang dapat menimbulkan mudarat (kerugian) adalah hal yang harus dihindari (ad-dararu yuza>lu). Sehingga penguatan terhadap Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti seperti yang dilakukan oleh SMA N 1 Kokap akan mampu menunjang terwujudnya manusia yang cinta terhadap lingkungan, dan tanggap terhadap bencana alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan urgensi dan pelaksanaan penguatan PAI dan Budi Pekerti dalam menunjang Program Sekolah Siaga Bencana di SMA N 1 Kokap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Kokap. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna pada data yang diperoleh, kemudian dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) agama islam memberikan pedoman untuk menentukan sikap dalam ketiga tahapan terjadinya suatu bencana alam, yaitu menumbuhkan kesadaran akan tindakan pencegahan bencana alam pada tahap sebelum terjadinya bencana, menanamkan dan membangun budaya mengutamakan keselamatan diri pada tahap ketika terjadi bencana, dan memberikan bimbingan untuk memaknai dan merespon bencana dengan baik pada saat setelah terjadinya bencana. (2) Penguatan PAI dan Budi Pekerti dalam menunjang program sekolah siaga bencana dilaksanakan dengan mengintegrasikan pendidikan pengurangan resiko bencana (PRB) kedalam kurikulum PAI dan Budi Pekerti dengan menyisipkan materi PRB dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan mengaitkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan materi PRB pada materi yang memiliki relevansi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Budi pekerti; sekolah siaga bencana; guru; peserta didik M1 - skripsi TI - PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENUNJANG PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA DI SMA NEGERI 1 KOKAP AV - restricted EP - 143 ER -