@phdthesis{digilib45052, month = {April}, title = {PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN ISLAM DAN SAINS PADA SUB MATERI POKOK KLASIFIKASI HEWAN UNTUK SISWA SMA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16680038 Firdha Fitria Ramadhany}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Dian Noviar, M.Pd}, keywords = {Game edukasi, android; media pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45052/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) Mengetahui kualitas game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) Mengetahui respon siswa terhadap game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R\&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa lembar angket ceklist. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kualitas produk game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta divalidasi oleh 1 Ahli Media, 1 Ahli Materi, 1 Ahli IT, 5 Peer Reviewer, dan 2 guru biologi. Uji terbatas dilakukan untuk mengetahui respon siswa yang dilakukan kepada 11 siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta telah dikembangkan menggunakan model 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (Pengembangan). Adapun kualitas produk game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? ditunjukan dengan persentase keidealan sebesar 90\% berdasarkan penilaian oleh seluruh reviewer pada semua aspek. Selain itu respon siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? ditunjukan dengan persentase keidealan sebesar 85\%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi biologi berwawasan Islam dan Sains pada sub materi pokok klasifikasi hewan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa SMA kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.} }