TY - THES N1 - Pembimbing : Ro?fah, S.Ag, BSW, MA, Ph.D ID - digilib45071 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45071/ A1 - Rully Antonius Haryanto, NIM.: 18200010153 Y1 - 2020/12/21/ N2 - Relasi antar umat beragama di Indonesia mengalami beberapa persoalan yang eskalasinya meningkat pada masa reformasi. Persoalan tersebut menimbulkan berbagai dampak seperti diskriminasi bahkan persekusi. Kelompokkelompok yang disebut sebagai kelompok minoritas keagamaan seperti Kristen di Bogor, Ahmadiyah di Bogor, dan Syiah di Sampang menjadi contoh kelompokkelompok yang mengalami hal tersebut. Dalam persoalan tersebut, Gerakan Pemuda Ansor mengambil peranan sebagai kelompok yang melakukan pembelaan dan advokasi terhadap kelompok-kelompok tersebut. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara dan studi pustaka ini bertujuan menjawab pertanyaan penulis dan mungkin banyak orang mengenai latar belakang pandangan yang memunculkan sikap dari GP Ansor. Penelitian ini menemukan bahwa tidak semua GP Ansor memiliki pandangan dan tindakan yang sama terhadap persoalan yang berkaitan dengan relasi antar umat beragama khususnya yang dialami kelompok-kelompok minoritas keagamaan yang disebutkan di atas. Perbedaan pandangan dan tindakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa sebab yaitu, pertama, ketaatan GP Ansor terhadap keputusan NU sebagai induk organisasinya yang ditetapkan dalam bahtsul mashail. Kedua, ketaatan pada kiai dan ulama sebagai pemimpin agama yang dihormati dan diikuti yang ternyata juga memiliki sikap yang berbeda dalam memandang kelompok-kelompok minoritas keagamaan. Ketiga, situasi politik yang terjadi saat itu, yang mana GP Ansor dikenal tidak terpisahkan dengan politik di Indonesia, sehingga situasi dan kepentingan politik dari Ansor maupun NU mempengaruhi pandangan dan tindakan mereka. Namun demikian, GP Ansor dalam beberapa kasus menunjukkan bahwa mereka juga melakukan apa yang disebut Robert Hefner sebagai konsep Civil Islam atau Islam yang berkedaban. Wajah Islam yang selalu menjunjung tinggi karakter Islam yang toleran, pluralis, demokratis, inklusif, humanis, mendukung perubahan sosial, dan menjunjung tinggi nilai keadaban. Pemahaman Islam yang sesuai dengan konsep Aswaja dan Islam Rahmatan lil Alamin atau rahmat bagi semua. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - GP Ansor KW - Kelompok Minoritas Keagamaan KW - Pandangan KW - Civil Islam M1 - masters TI - GERAKAN PEMUDA ANSOR DAN KELOMPOK MINORITAS KEAGAMAAN (STUDI ATAS PANDANGAN GP ANSOR TERHADAP KELOMPOK KRISTEN BOGOR, AHMADIYAH BOGOR DAN SYIAH SAMPANG PERIODE 1996 - 2018) AV - restricted EP - 124 ER -