TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani T H, M.Si. ID - digilib45125 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45125/ A1 - Marhanita Na?imatul Usriyah, NIM.: 15210005 Y1 - 2021/01/27/ N2 - Hijrah menjadi sebuah fenomena sosial baru di Indonesia, dilihat dari pemaknaan dan implementasi yang mengalami perkembangan seiring perubahan zaman. Hal ini melahirkan gerakan hijrah yang masif dan terwujud dalam berbagai bentuk, salah satunya dalam lingkup komunitas. Kehidupan masyarakat modern yang senantiasa berdampingan dengan teknologi juga berpengaruh terhadap dinamika komunitas hijrah ini. Media sosial menjadi pilihan utama untuk menunjukkan eksistensi dan menjangkau lebih banyak relasi, sehingga memicu terjadinya perubahan dalam aktivitas dakwah dan penyebaran gerakan hijrah seperti yang dilakukan pada akun instagram @yukngajijogja. Strategi dalam menggaungkan kembali dan menginternalisasikan spirit hijrah dalam segala lini kehidupan menjadi isu menarik untuk ditelaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah Lima Tahapan Strategi Komunikasi oleh Anwar Arifin yang dikombinasikan dengan beberapa tinjauan mengenai hijrah dan reaktualisasi dalam pandangan Islam. Data didapatkan melalui wawancara kepada Ketua Umum dan Koordinator Divisi Media Komunitas Yuk Ngaji Jogja, dokumentasi beberapa konten yang diunggah pada Akun Instagram @yukngajijogja serta berbagai literatur yang berkaitan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang diunggah pada akun instagram @yukngajijogja yang notabene adalah komunitas hijrah, memuat unsur reaktualisasi terhadap konsep hijrah itu sendiri. Bentuk reaktualisasi atau pembaruan yang dilakukan terdapat pada strategi penentuan tujuan yang merupakan dasar dari perumusan konten, segmentasi khalayak sebagai penerima pesan, penyusunan substansi dan pengemasan pesan sekaligus metode penyampaiannya, pemilihan media dan fitur yang digunakan, serta keterlibatan komunikator dalam menjalin interaksi serta memengaruhi komunikan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Komunikasi KW - Reaktualisasi KW - Hijrah KW - Instagram M1 - skripsi TI - STRATEGI KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJIJOGJA DALAM REAKTUALISASI NILAI HIJRAH AV - restricted EP - 137 ER -