TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Khadiq, S.Ag.,M.Hum ID - digilib45301 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45301/ A1 - M Ronot Rigen, NIM.: 16210022 Y1 - 2021/01/29/ N2 - Hadirnya media online memberikan tantangan besar di dunia dakwah, diperlukan strategi yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas. Salah satu lembaga yang menggunakan media online adalah Nahdlatul Ulama memiliki media NU Online. Penulis memilih judul Strategi Penyebaran Ideologi Islam Moderat Dalam Media NU Online dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh organisasi Nahdlatul Ulama dalam menyebarkan paham ideologi moderat di tengah masyarakat Indonesia yang memiliki karakteristik heterogen. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan informasi keagamaan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Menurut Onong Uchjana Effendy, strategi merupakan perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditujukan untuk mengetahui strategi penyebaran ideologi islam moderat dalam media NU Online. Setelah peneliti analisis dengan mangacu pada prisip strategi maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh NU Online untuk menyebarkan ideologi islam moderat, di antaranya. Strategi perumusan, strategi pesan variatif, strategi kontinuitas, strategi kredibilitas komunikator, strategi waktu strategis (best time), strategi relevansi konten, dan strategi memperluas jaringan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi KW - NU Online KW - Ideologi KW - Islam Moderat M1 - skripsi TI - STRATEGI PENYEBARAN IDEOLOGI ISLAM MODERAT DALAM MEDIA NU ONLINE AV - restricted EP - 99 ER -