<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan)"^^ . "Dalam khazanah studi tafsir, tokoh feminis seperti Riffat Hasan, Amina Wadud dan\r\nbeberapa intelektual muslim lainnya yakin akan pengaruh dominasi mufassir lelaki\r\nterhadap lahirnya banyak penafsiran yang bias gender. Statement tersebut kemudian\r\ndisanggah oleh Ah. Fawaid yang berpendapat bahwa penafsiran yang bias gender\r\nsama sekali tidak berkaitan dengan identitas biologis sang mufassir. Menurutnya,\r\nbias gender yang banyak ditemukan dalam penafsiran hanyalah berkaitan dengan\r\nproblem metode penafsiran. Salah satu alasannya adalah karena ia menemukan\r\nbahwa hasil penafsiran dari seorang mufassir perempuan pun masih ditemukan\r\nbanyak ketidakadilan gender. Peneliti kemudian tertarik untuk mengkaji Kariman\r\nHamzah, seorang mufassir perempuan yang sama sekali tidak mengasosiasikan\r\ndirinya pada gerakan feminis dan kitab tafsir yang berjudul Al-Lu’lu’ wa al-Marjān\r\nfȋ Tafsȋr al-Qur’ān untuk menemukan pandangan baru terkait perdebatan di atas.\r\nPenulis memfokuskan kajian ini dengan menelaah penafsiran Hamzah terhadap QS.\r\n4: 1, QS. 2: 234, QS. 65: 1, QS. 4: 11, (QS. 4: 34 dan QS. 2: 282 serta latar belakang\r\nsosio-historis Hamzah dengan menggunakan Explanatory analysis (analisis\r\neksplanatori) untuk kemudian peneliti telaah kembali menggunakan analisis gender\r\nmilik Mansour Fakih dalam rangka mencari gambaran konstruksi gender milik\r\nHamzah dan melihat faktor apa saja yang mempengaruhi penafsirannya.\r\nPeneliti kemudian melihat konstruksi gender Hamzah di mana ia memang\r\nmenganggap bahwa dalam ranah domestik, lelaki adalah pemimpin serta memiliki\r\nkeutamaan dibandingkan perempuan. Namun, keutamaan tersebut terletak pada\r\ntanggung jawabnya untuk memberikan kenyamanan bagi istri maupun anakanaknya.\r\nLalu di ranah publik, perempuan sepenuhnya memiliki kesempatan yang\r\nsama dengan lelaki. Mereka setara dalam menyuarakan pendapatnya, setara dalam\r\nhal kesempatan pekerjaan dan setara dalam hal memperoleh akses pendidikan\r\ndengan syarat ia tetap memprioritaskan tugasnya di ranah domestik. Konstruksi\r\ntersebut tentu dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang melingkupi Kariman\r\nHamzah. Sejauh ini, peneliti melihat bahwa bias yang dimilik Hamzah terpengaruh\r\noleh hubungan intelektualnya dengan beberapa ulama besar Ikhwanul Muslimin,\r\nkondisi sosial perempuan Mesir, dan kultur Media Pers serta pertelevisian Mesir.\r\nMelihat temuan tersebut, peneliti menilai walaupun penafsiran Hamzah memang\r\nmengandung beberapa bentuk diskriminasi gender, namun kita tidak bisa\r\nmenafikan adanya keterpengaruhan pengalaman Hamzah sebagai perempuan\r\ndalam penafsirannya karena dalam beberapa sisi ia juga sangat berhati-hati dalam\r\nmemposisikan perempuan. Dengan ini peneliti meyakini bahwa mufassir\r\nperempuan tidak akan serta merta menghasilkan penafsiran yang sepenuhnya adil\r\ngender. Namun, meskipun ia dikelilingi oleh kentalnya budaya patriarki, mufassir\r\nperempuan tetap akan melahirkan beberapa ide kesetaraan yang bertumpu pada\r\npengalamannya sebagai seorang perempuan"^^ . "2021-03-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17105031010"^^ . "RANIA NURUL RIZQIA"^^ . "NIM. 17105031010 RANIA NURUL RIZQIA"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Text)"^^ . . . . . "17105031010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Text)"^^ . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . . "KONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR\r\nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA\r\nKARIMAN HAMZAH\r\n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #45318 \n\nKONSTRUKSI GENDER DALAM KITAB TAFSIR \nAL-LU’LU’ WA AL-MARJĀN KARYA \nKARIMAN HAMZAH \n(Studi Atas Penafsiran Mufassir Perempuan)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .