TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat,M.Si. ID - digilib45338 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45338/ A1 - Ahmad Khusaini, NIM.: 14410006 Y1 - 2021/01/26/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah tentang pentingnya bagaimana interaksi edukatif memiliki relevansi dengan hubungan guru dan murid. Interaksi edukatif merpakan suatu hal yang terdapat pada pendidikan, serta erat kaitanya dengan hubungan guru dan murid. Interaksi antara guru dan murid saat ini sangat minim sekali pengetahuan tentang itu. Serta para murid sekarang tidak memerhatikan bagaimana seharusnya berhubungan dengan guru, dan guru harus memerhatikan interaksi ecara edukatif agar terciptanya hubungan guru dan murid yang harmonis. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan mengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep interaksi edukatif dalam surat al-Kahfi ayat 60-82 memuat komponen-komponen interaksi edukatif, yaitu tujuan, materi, pendidik dengan segala kompetensinya, anak didik dengan etika akademiknya, dan metode dengan efektifitasnya. 2) Hubungan guru dan murid dalam kitab ta?lim muta?allim merupakan hubungan timbal-balik yang menempatkan posisi guru dan murid seuai porsi masing0masing menuju terciptanya tujuan pendidikan yang optimal, yaitu terbentuknya pribadi yang berakhlakul karimah. 3) Relevansinya adalah mengajarkan menjadi seorang guru dan murid yang memiliki etika yang baik untuk mencapai tujuan pendidikan yang humanis, berakhlak, dan menjadi insan kamil. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - surat Al-kahfi; Tafsir al-Azhar; akhlak M1 - skripsi TI - ANALISIS INTERAKSI EDUKATIF DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 (TELAAH TAFSIR AL-AZHAR) DAN RELEVANSINYA DENGAN KONSEP HUBUNGAN GURU DAN MURID DALAM KITAB TA?LIM MUTA?ALLIM AV - restricted EP - 147 ER -