<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS"^^ . "Stres juga dapat terjadi pada mahasiswa S2, khususnya mahasiswa S2 yang masa\r\nstudi idealnya sudah lewat atau dapat dikatakan mahasiswa S2 yang terlambat lulus.\r\nMahasiswa S2 memiliki beban tanggungan akademik yang banyak. Kemudian\r\nmahasiswa S2 yang mayoritas berada pada usia dewasa yang sudah dianggap\r\nmampu untuk mandiri secara finansial, tidak jarang membuat mahasiswa S2\r\nmengambil pekerjaan di luar jam kuliahnya. Hal ini apabila individu mahasiswa\r\ntersebut tidak bisa mengelola waktu yang baik akibatnya beban akademik menjadi\r\nsemakin berat. Beban akademik yang berat ini tak jarang menjadikan mahasiswa\r\nS2 terlambat lulus dari waktu yang seharusnya direncanakan. Tuntutan masa studi\r\nyang harus segera diselesaikan namun mahasiswa tersebut masih juga terhambat\r\nbeban akademik dapat mengakibatkan timbulnya stres dalam diri mahasiswa. Hal\r\nini menjadikan individu mahasiswa tersebut perlu untuk mengatasi stres dalam\r\ndirinya. Terdapat faktor internal dan eksternal yang bisa mengatasi stres yakni\r\nhubungan harmonis dengan manusia lain (salah satunya teman sebaya) dan\r\nmemiliki kecerdasan emosional.\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial\r\nteman sebaya dan kecerdasan emosional dalam mengatasi stres akademik pada\r\nmahasiswa S2 terlambat lulus. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang\r\nmahasiswa S2 UIN Sunan Kalijaga yang tergolong terlambat lulus (angkatan masuk\r\n2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode\r\nsurvei. Pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dari instrumen\r\nyang telah dibuat peneliti sendiri berdasarkan teori yang sudah ada.\r\nHasil dari penelitian ini yaitu dukungan sosial teman sebaya tidak berpengaruh\r\nterhadap stres akademik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada variabel\r\ndukungan sosial teman sebaya adalah sebesar 0,569 > 0,05. Hal ini menunjukkan\r\nbahwa mahasiswa S2 yang notabene sudah berada di usia dewasa tidak begitu\r\nbanyak berinteraksi secara intens dengan teman sebayanya. Sehingga dukungan\r\nsosial dari teman sebaya tidak mereka dapatkan. Kecerdasan Emosional memiliki\r\npengaruh negatif signifikan terhadap stres akademik. Nilai signifikansi (0,007 <\r\n0,05). Yang berarti kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap stres\r\nakademik. Selanjutnya nilai t sebesar -2,774 (Bilangan 2,774 > 1,984). Tanda\r\nnegatif menandakan pengaruh yang diberikan kebalikan, yang artinya semakin\r\ntinggi kecerdasan emosional seseorang maka semakin rendah stres akademiknya\r\nbegitupun sebaliknya. Variabel bebas dukungan sosial teman sebaya dan\r\nkecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan\r\nterhadap stres akademik. Nilai signifikansi sebesar 0,024. Nilai tersebut lebih kecil"^^ . "2020-12-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18200010166"^^ . "Lia Dwi Tresnani"^^ . "NIM.: 18200010166 Lia Dwi Tresnani"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Text)"^^ . . . . . "18200010166_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Text)"^^ . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #45351 \n\nDUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA S2 TERLAMBAT LULUS\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi Pendidikan Islam" . . . "Sosial, Interaksi" . .