%0 Thesis %9 Skripsi %A Ana Khoirun Nisa, NIM.: 14480096 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45361 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kurikulum 2013; Spiritual; Kompetensi %P 127 %T ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45361/ %X Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku siswa, selain itu buku siswa sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Sebagai buku yang digunakan sebagai bahan ajar utama tersebut sangat perlu dievaluasi supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai. Tujuan analisis kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah untuk mengetahui kelayakan isi dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI 1 yaitu dimensi spiritual Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup dan kesesuaiannya dengan K-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas IV SD/MI. Dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, yang ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase pada aspek tersebut. Hasil analisis pada buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam dimensi spiritual adalah sebesar 81.11% pada kategori layak. %Z Pembimbing: Fitri Yuliawati, M. Pd. Si