relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45369/ title: METODE PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS. AN-NAHL AYAT 125 DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI DI SEKOLAH creator: Hesti Ainun, NIM.: 17104010039 subject: Tafsir Al-Qur'an subject: Pendidikan Agama Islam description: Latar belakang penelitian ini adalah tentang pentingnya metode dalam pendidikan. Sebagaimana ungkapan yang mengatakan bahwa “Attariqah Ahammu minal Maddah,” bahwa metode jauh lebih penting dari materi. Meski sesungguhnya materi juga memiliki peranan penting dalam pendidikan. Namun sebagus apapun materi jika tidak disampaikan dengan cara yang baik maka akan berpengaruh kepada keberhasilan peserta didik. Kedua, melihat fenomena yang terjadi para pendidik hanya menggunakan metode itu-itu saja yang dikembangkan oleh dunia Barat. Namun, para cendekiawan muslim saat ini sudah menunjukkan bahwa muslimpun tidak tertinggal oleh Barat karena metode pendidikan itu sudah dijelaskan dalam Al-Quran. Hanya saja orang Islam itu sendiri menganggap Al-Quran sebagai bacaan keagamaan semata dan justru orang di luar Islamlah yang mengkaji isi dari Al-Quran sehingga ia bisa unggul dari yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analizing). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan dalam kandungan QS. An-Nahl ayat 125 dan relevansinya dengan PAI di sekolah ialah; 1) Konsep pendidikan yang terkandung dalam Qs. An-Nahl ayat 125 yaitu konsep metode pendidikan. Sebab di dalam Qs. An-Nahl ayat 125 membahas tiga metode pendidikan yaitu Hikmah, Mau‟izah al-Hasanah, dan Jidal. 2) Metode pendidikan yang terkandung dalam QS. An-Nahl ayat 125 yaitu, Hikmah, Mau‟izah al-Hasanah,dan jidal. 3) Relevansi metode hikmah dengan PAI di sekolah terletak pada cara guru dalam mencontohkan secara langsung, dengan cara berperilaku yang baik agar bisa dicontoh oleh peserta didik. Dalam metode hikmah, peran guru sebagai teladan yang bisa dijadikan panutan dalam bertindak agar menjadi manusia yang berbudi luhur dan berakhlakul karimah. Relevansi dari metode mau‟idzah hasanah dengan PAI di sekolah terletak dalam proses pembelajaran seorang guru menyampaikan materi dengan menggunakan tutur kata yang baik. Dalam metode mau‟idzah hasanah seorang guru menyampaikan materi dengan tutur kata yang lemah lembut, dan peserta didik hanya mendengarkan saja. Sedangkan, dalam metode ceramah seorang guru juga menyampaikan materi dengan tutur kata yang lemah lembut, tetapi disertai dengan media pembelajaran yang mendukung, dan peserta didik dituntut bisa aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Relevansi metode jidal dengan PAI di sekolah yaitu terletak pada adanya pertukar pikiran yang bisa menyelesaikan sesuatu permasalahan yang ada. Diskusi adalah cara menyelesaikan suatu permasalahan dengan saling bertukar pikiran atau bermusyawarah dengan peserta didik lainnya. Diskusi bukanlah debat yang bersifat mengadu argumentasi, tetapi bertukar pikiran untuk menentukan keputusan bersama-sama yang disepakati oleh semua pihak. date: 2021-02-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45369/1/17104010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45369/2/17104010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Hesti Ainun, NIM.: 17104010039 (2021) METODE PENDIDIKAN DALAM KANDUNGAN QS. AN-NAHL AYAT 125 DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI DI SEKOLAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.