@mastersthesis{digilib45373, month = {November}, title = {PERAN PENGASUHAN SOSIO EMOSIONAL ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT ANAK PADA SAAT BELAJAR DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 18200010200 Mabid Barokah, S.Pd.}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Zulkipli Lessy, Ph.D.}, keywords = {Peran Pengasuhan Sosio Emosional Orangtua, Motivasi Dan Minat Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45373/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengaruh pengasuhan sosio emosional terhadap motivasi anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19, (2) bagaimana pengaruh pengasuhan sosio emosional orangtua terhadap minat anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19, (3) bagaimana pengaruh motivasi terhadap minat anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan regresi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data regresi sederhana. Adapun tahap pelaksanaan analisis meliputi: 1) analisis deskriptif, 2) uji asumsi klasik, dan 3) uji hipotesis dengan bantuan SPSS Windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan sebesar 7,3\% antara peran pengasuhan sosio emosional orangtua terhadap motivasi anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19. (2)terdapat pengaruh signifikan sebesar 18,4\% antara peran pengasuhan sosio emosional orangtua terhadap minat anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19. (3) terdapat pengaruh signifikan sebesar 64\% antara motivasi terhadap minat anak pada saat belajar di rumah selama masa pandemi covid-19.} }