%A NIM.: 14480161 Sofyan Alvin %O Pembimbing: Lailatu Rohmah, S.Pd.I, M.S.I %T UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PERILAKU JUJUR PESERTA DIDIK KELAS 5 MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya berbagai kasus kerusuhan, tawuran, minum-minuman keras yang sudah sering terjadi di kalangan pelajar. Selain itu, pernah terjadi pula kasus siswa yang menghajar gurunya. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat degradasi moral di kalangan pelajar. MI Wahid Hasyim sendiri untuk mengatsi hal itu menerapkan program “Penanaman Akhlakul Karimah”. Namun masih saja ada siswa yang menunjukkan bahwa siswa tersebut berbuat akhlak tercela yaitu mencuri uang. Dari latar belakang ini penulis tertarik untuk meneliti terkait perilaku jujur, lebih khusus untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk menanamkan perilaku jujur. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar upaya guru kelas dalam menanamkan perilaku jujur peserta didik kelas 5 MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang sudah terkumpul dan tersusun kemudian ditarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pak Budi dalam menanamkan perilaku jujur peserta didik adalah dengan menggunkan metode pebiasaan, keteladanan, ceramah, tanya jawab, mengingatkan dan pemberian hukuman. %K Pendidikan Akhlakul Karimah; Peran guru; Budi pekerti %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib45375