TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si. ID - digilib45391 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45391/ A1 - Sari Asih, NIM.: 17104010095 Y1 - 2021/02/02/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab diperlukan guru yang kompeten. Seorang guru yang ideal dituntut memiliki empat kompetensi antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Dari keempat kompetensi tersebut, kompetensi kepribadian guru penting untuk disoroti karena kompetensi kepribadian guru sejatinya akan mempengaruhi ketiga kempetensi lainnya. Selain itu, kepribadian guru akan lebih banyak mempengaruhi minat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembelajaran serta kepribadian guru yang berakhlak mulia juga akan menjadi teladan bagi peserta didiknya mengingat manusia adalah makhluk yang suka mencontoh. Apalagi bagi seorang guru Pendidikan Agama Islam yang mengajarkan nilai-nilai agama idealnya memiliki kepribadian yang baik dan konsekuen antara ucapan dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian guru dalam film Jembatan Pensil dan menganalisis relevansi/kesesuaian antara kepribadian guru dalam film tersebut dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) yang membahas tentang kepribadian guru dalam film Jembatan Pensil dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam. Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan dokumentasi yang didasarkan atas data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis).Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepribadian guru yang terdapat dalam film Jembatan Pensil antara lain bertakwa kepada Allah SWT, memiliki komunikasi efektif, sopan dan santun, tawadu? atau rendah hati, sabar, berakhlak mulia, teladan bagi peserta didik, ikhlas, stabil dan optimis, bijaksana, tegas, berani, bertanggung jawab, memiliki sense of humor, dan inovatif, 2) Melihat kepribadian guru dalam film Jembatan Pensil jika dikaitkan dengan kompetensi guru PAI sangat relevan untuk menunjang pengembangan kompetensi kepribadian guru PAI. Hal ini karena kepribadian guru dalam film tersebut merinci dan mendukung konsep kompetensi kepribadian guru PAI dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kompetensi Kepribadian; Guru Pendidikan Agama Islam; Akhlak M1 - skripsi TI - KEPRIBADIAN GURU DALAM FILM JEMBATAN PENSIL DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted EP - 297 ER -