eprintid: 45399 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/53/99 datestamp: 2021-12-02 03:46:17 lastmod: 2021-12-02 03:46:17 status_changed: 2021-12-02 03:46:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Halim Hakiki, NIM.: 15430073 title: PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Ki Hadjar Dewantara; perspektif Islam; pembelajaran merdeka note: Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta, mengetahui faktor penghambat dan faktor pedukung dalam penerapannya, serta dampak penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan Metode Among Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Islam pada Anak Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Taman Indria Ibu Pawiyatan Yogyakarta sudah terlaksana dengan baik, guru menerapkan metode among dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan untuk kelancaran pembelajaran di kelas. (2) Faktor pendukung yaitu kurikulum dan tersedianya fasilitas/ sarana prasarana, semangat guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. sedangkan faktor penghambat yaitu guru yang belum memahami metode among, kurangnya kesadaran siswa dalam menyelesaikan tugas, dan kebiasaan anak yang di bawa dari keluarga. (3) Dampak penerapan metode among menunjukkan adanya pencapaian perkembangan anak dalam perspektif Islam. date: 2021-01-18 date_type: published pages: 205 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Halim Hakiki, NIM.: 15430073 (2021) PENERAPAN METODE AMONG KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA ANAK USIA DINI 5 - 6 TAHUN DI TK TAMAN INDRIA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45399/1/15430073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45399/2/15430073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf