TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Mujahid, M.Ag. ID - digilib45481 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45481/ A1 - Rifdathunnisa, NIM.: 16410020 Y1 - 2021/01/25/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta, untuk itu suatu lembaga pendidikan sangat membutuhkan peraturan atau tata tertib untuk mengatur dan mendisiplinkan siswa. Berangkat dari hal tersebut, pokok permasalahan apa yang terjadi dalam kepatuhan tata tertib dan bagaimana peran yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kepatuhan yang siswa terhadap tata tertib sekolah, 2) mendeskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta, 3) mendeskripsikan hasil dari peran guru PAI dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap Tata Tertib di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data dari mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menujukkan : Pertama, kepatuhan tata tertib yang dilakukankan oleh siswa di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta sudah cukup baik, namun tingkat pelanggaran masih tergolong tinggi yaitu 65%, untuk itu masih perlu diadakan upaya peningkatan karena pelanggaran tata tertib siswa masih sering dilakukan. Pelanggaran tata tertib tersebut tidak muncul secara spontan dari dalam diri siswa, melainkan ada faktor dari dalam diri (internal) dan ada faktor dari luar (eksternal. Kedua, terdapat empat peran guru PAI dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta, diantaranya guru sebagai teladan (uswah), guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator. Ketiga, hasil peran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kepatuhan siswa terhadap tata tertib di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta yaitu, memberikan teladan dalam hal berpakaian serta masuk dan keluar pelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan sehingga dapat di teladani oleh siswa, memfasilitasi siswa bila ada yang melanggar yaitu berkonsultasi dengan guru BK untuk mengetahui pelanggaran yang dilakukan oleh siswa sehingga guru PAI dapat melakukan pendekatan personal untuk mengetahui sebab dan akibat siswa melanggar tatatertib, memotivasi dan mendorong siswa dalam hal pelanggaran yang dilakukan, evaluasi terhadap hasil belajar dan kegiatan siswa diluar kelas sehingga mengetahui nilai akhir siswa dan kegiatan yang merugikan siswa di luar kelas perlu dilaksanakan evaluasi kembali. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran KW - Guru Pendidikan Agama Islam KW - Meningkatkan KW - Kepatuhan M1 - skripsi TI - PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN SISWA TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA AV - restricted EP - 146 ER -