%0 Thesis %9 Skripsi %A Yuli Imawan, NIM.: 16420028 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45482 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Analisis, Al-Kitabah Al-Muyassarah, Pembelajaran Kitabah %P 177 %T ANALISIS BUKU “AL-KITABAH AL-MUYASSARAH” KARYA MUHAIBAN (TINJAUAN DARI SEGI MATERI PELAJARAN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45482/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi materi dengan landasan keilmuan penulisan buku teks dan juga konseb materi yang meliputi aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repitisi dari buku al-Kita>bah al-Muyassarah serta kekurangan dan kelebihan dari buku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research). Objek penelitian ini adalah buku al-Kita>bah al-Muyassarah karya Muhaiban. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya buku al-Kita>bah al-Muyassarah sudah memenuhi landasan keilmuan penulisan buku teks pelajaran yang meliputi, aspek keakuratan materi, cakupan dan pendukung materi. Dari aspek seleksi Materi buku al-Kita>bah al-Muyassarah bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pembelajaran Kita>bah secara aktif dan produktif, materi ditujukan untuk tingkatan Mutaqoddim, dan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya selama satu semester. Seleksi kosa kata pada buku al-Kita>bah al-Muyassarah menggunakan prinsip frequency, range, availability dan learnability. Kemudian dari aspek gradasi buku al-Kita>bah al-Muyassarah menggunakan gradasi putar. pada aspek presentasi buku al-Kita>bah al-Muyassarah menggunakan tiga prosedur yaitu prosedur ontensif, piktorial dan prosedur kontekstual. Materi pada buku al-Kita>bah al-Muyassarah mengalami repitisi yang baik dilihat dari adanya penajaman materi pada latihan yang disajikan, tugas-tugas yang diberikan di setiap akhir bab, dan juga dilengkapi dengan lampiran yang berisikan contoh materi konkrit yang berasal dari majalah, koran, surat dan dokumen lainnya. %Z Pembimbing : Nurul Huda, S. S. M. Pd. I