TY - THES N1 - Pembimbing : Edy Yusuf Nur Samsu Santosa, M.S.I. ID - digilib45488 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45488/ A1 - Ahmad Nasihun Amin, NIM.: 16490017 Y1 - 2021/02/01/ N2 - Seiring dengan semakin rumitnya permasalahan lingkungan hidup menjadi hal penting dan mendesak untuk semakin giat dalam menanamkan pendidikan karakter, khususnya karakter peduli lingkungan yang saat ini dirasa sudah mulai krisis. Sekolah dalam konteks kemasyarakatan merupakan wahana praktis bagi berlangsungnya pendidikan karakter. Dalam kenyataannya, sekolah dinilai belum mampu mewujudkan karakter seperti yang diharapkan semua pihak. Di lingkungan perkotaan yang sudah terdapat banyak gedung dan lahan bisa dikatakan sangat minim, Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta mencoba membuat suasana menjadi lebih asri dengan menerapkan program Go green School. Tidak hanya itu, program Go green School juga dapat memupuk kecintaan terhadap lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen program go green school di MAN 1 Yogyakarta terdiri dari perencanaan, pendistribusian tugas, penggerak, dan pengawasan; (2) Faktor pendukung terlaksananya program ini terdiri dari internal dan eksternal. Internal berasal dari, kepala madrasah, guru, pegawai, siswa, dan anggota pecinta alam. Faktor eksternal terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup dan tenaga ahli pertanan; (3) hasil dari pelaksanaan program go green school yang berupa tertanamnya budaya lingkungan berkelanjutan; situasi sekolah yang nyaman; siswa yang memiliki karakter cinta lingkungan, mandiri, bertanggungjawab, peka terhadap situasi; lingkungan sekolah menjadi asri; saat musim kemarau warga sekitar tidak kekurangan air; serta terwujudnya lingkungan yang nyaman untuk pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Manajemen Program KW - Go green School. M1 - skripsi TI - MANAJEMEN PROGRAM GO GREEN SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA AV - restricted EP - 146 ER -