eprintid: 4555 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/45/55 datestamp: 2013-07-25 08:57:48 lastmod: 2017-03-17 02:47:09 status_changed: 2012-05-04 16:46:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DAMIRI - NIM. 96473476, title: KODE ETIK GURU DI TINJAU DARI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: kode etik guru, pendidikan Islam note: Pembimbing: Dra. Juwariyah, M.Ag abstract: ABSTRAK etis seperti sikap pamer pengetahuan dengan tujuan siswa kagum terhadap apa yang diajarkannya, pemanfaatan kelemahan yang dimiliki siswa karena kurangnya pengalaman peserta didik, sifat bingung dan takut. Ironisnya fenomena ini dalam masyarakat masih dijumpai guru yang menikmati ketakutan dan kebingungan itu, padahal seorang guru dalam dunia pendidikan diharuskan menghindarkan diri dari sikap seperti itu karena tidak sesuai dengan kode etik guru. Dilihat dari tempat dan sifat penelitian maka penelitian ini bersifat literer (library research), dan metode pembahasannya adalah diskriptif analisis yaitu metode yang memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada dengan cara mengumpulkan data, menyusun, menganalisa serta menafsirkan data yang sudah ada. Pendidikan dalam Islam terkandung dalam tiga istilah yaitu tarbiyah, ta'lim dan ta'dib. Dalam proses pendidikan terdapat unsur-unsur yang terkandung dalam tiga istilah tersebut yakni proses pendidikan dan pengajaran serta penanaman nilai-nilai untuk pembinaan kepribadian yang artinya dalam proses pendidikan Islam disamping transfer ilmu pengetahuan juga melakukan penanaman nilai Islam untuk membina kepribadian sehingga manusia tetap dalam fitrahnya. Untuk mencapai konsep ideal mendidik, guru harus membekali diri dengan kode etik keguruan yang di dalamnya berisi tata aturan dan norma keguruan yang mampu membawa para pendidik kedalam pola pengajaran yang baik. Perlunya kode etik bagi guru karena kode etik tergolong ke dalam bagian suatu profesi yang dapat menentukan mana perbuatan yang benar dan salah, tepat dan tidak, pantas dan tidak pantas. div date: 2010-06-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-06-03 13:53:07 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--damirinim9-4336-1-damirin-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/87/digilib-uinsuka--damirinim9-4336-1-damirin-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4857 ; nama file lama : DAMIRI NIM.96473476 KODE ETIK GURU DI TINJAU DARI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 733875 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-06-03 13:53:07 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--damirinim9-4336-1-damirin-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/87/digilib-uinsuka--damirinim9-4336-1-damirin-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4857 ; nama file lama : DAMIRI NIM.96473476 KODE ETIK GURU DI TINJAU DARI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 733875 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: DAMIRI - NIM. 96473476, (2010) KODE ETIK GURU DI TINJAU DARI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4555/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4555/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf