%0 Thesis %9 Skripsi %A Zumrotul Aisyah, NIM.: 16600045 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45564 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K E-Modul Interaktif, Android, Pemahaman Konsep %P 239 %T PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BENTUK ALJABAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45564/ %X Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan PPE. PPE merupakan singkatan dari Planning, Production, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian produk, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli yang menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 68,5 oleh validator ahli materi, dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 63 oleh validator ahli media. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan praktis berdasarkan data hasil skala respon peserta didik yang menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap emodul dengan nilai rata-rata sebesar 44,7. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan efektif karena dapat memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa sebesar 80% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti tes memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi bentuk aljabar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar layak digunakan dalam pembelajaran. %Z Pembimbing : Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.