@phdthesis{digilib45566, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN GAME EDUKASI LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16680022 Fitria Alfiani}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd}, keywords = {Game edukasi, Android, Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Media Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45566/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Game Edukasi Lingkungan berbasis Andoid yang memuat materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup untuk peserta didik kelas X SMA/MA serta mengetahui kualitas Game Edukasi Lingkungan berbasis Andoid yang memuat materi Pencemaran dan Pelestarian Lingkungan Hidup untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrument yang digunakan berupa lembar angket. Produk dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 game develeoper, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 peserta didik kelas X MIPA di MAN 1 Yogyakarta. Selanjutnya data yang diperoleh diananlisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengujian menurut a) Ahli media dapat dikategorikan Sangat Baik dan mendapatkan persentase 97\% b) Ahli materi dapat dikategorikan Sangat Baik dan mendapatkan persentase 98\% c) Standar ISO 9126 berada dalam kategori Sangat Baik dengan persentase 88\% d) Responden peer reviewer dapat dikategorikan Sangat Baik dengan persentase 88\% e) Responden guru biologi dapat dikategorikan Sangat Baik dengan persentase 95\%.} }