%0 Thesis %9 Skripsi %A Tyas Khofilla, NIM.: 16680033 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45569 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K E-Modul, Problem Based Learning, Sistem Imun, Bahan Ajar. %P 209 %T PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN UNTUK SISWA KELAS XI DI MAN 3 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45569/ %X Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengembangan E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul, (2) Mengetahui kualitas E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul, dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap produk E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) tetapi tanpa tahapan implementasi (Implementation). Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data yaitu menggunakan lembar angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kualitas produk E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul yang dihasilkan kemudian dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan diujikan secara terbatas kepada 15 orang siswa kelas XI IPA di MAN 3 Bantul. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa: Pengembangan E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yakni Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation) yang dibatasi tanpa tahapan Implementasi (Implementation), Kualitas E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar pada materi pokok sistem imun termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan sebesar 88,78%, dan Respon siswa terhadap E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai bahan ajar pada materi pokok sistem imun termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan yang diperoleh sebesar 85,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok sistem imun layak digunakan sebagai bahan ajar biologi untuk siswa kelas XI di MAN 3 Bantul. %Z Pembimbing : Dian Noviar, S. Pd.,M. Pd. Si.