%0 Thesis %9 Skripsi %A Nurul Islam, NIM.: 17104020006 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45578 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendekatan Humanistik, pembelajaran Bahasa Arab, Motivasi Belajar. %P 171 %T IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45578/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberi masukan kepada dunia pendidikan, khususnya MAN 1 Bima sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 5 prinsip Pendidikan Humanistik, diantaranya: Guru humanistik percaya bahwa siswa akan termotivasi untuk mengkaji materi bahan ajar jika terkait dengan kebutuhan dan keinginannya, Tujuan pendidikan harus mendorong keinginan siswa untuk belajar, Pendidik humanistik percaya bahwa nilai tidak relevan dan hanya evaluasi diri yang bermakna, tidak memisahkan domain kognitif dan afektif, dan belajar tanpa ancaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendekatan humanistik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Sehingga hipotesis yang menyatakan implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA 1 terbukti atau hipotesis diterima. %Z Pembimbing : Drs Dudung Hamdun, M.Si.,