eprintid: 45578 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/55/78 datestamp: 2021-10-18 06:24:28 lastmod: 2021-10-29 03:16:27 status_changed: 2021-10-18 06:24:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nurul Islam, NIM.: 17104020006 title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pendekatan Humanistik, pembelajaran Bahasa Arab, Motivasi Belajar. note: Pembimbing : Drs Dudung Hamdun, M.Si., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberi masukan kepada dunia pendidikan, khususnya MAN 1 Bima sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 5 prinsip Pendidikan Humanistik, diantaranya: Guru humanistik percaya bahwa siswa akan termotivasi untuk mengkaji materi bahan ajar jika terkait dengan kebutuhan dan keinginannya, Tujuan pendidikan harus mendorong keinginan siswa untuk belajar, Pendidik humanistik percaya bahwa nilai tidak relevan dan hanya evaluasi diri yang bermakna, tidak memisahkan domain kognitif dan afektif, dan belajar tanpa ancaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendekatan humanistik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Sehingga hipotesis yang menyatakan implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA 1 terbukti atau hipotesis diterima. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 171 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurul Islam, NIM.: 17104020006 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45578/1/17104020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45578/12/17104020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf