%0 Thesis %9 Skripsi %A Amamil Khaira, NIM.: 17104020024 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45580 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Tindak Tutur, Respon, Konteks %P 222 %T TINDAK TUTUR GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTsS TI BULAAN KAMBA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45580/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tindak tutur berbahasa Arab yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di Kelas VIII MTsS TI Bulaan Kamba dalam proses belajar mengajar, (2) mendeskripsikan respons yang ditampilkan oleh siswa terhadap tuturan-tuturan tersebut. Tindak tutur guru serta respon siswa digunakan sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik SBLC (simak bebas libat cakap). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tindak tutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab ada 4; asertif, direktif, deklaratif dan ekspresif. Masing-masing tindak tutur digunakan guru dengan fungsi memberitahu (13 tuturan), menyatakan (5 tuturan), menyarankan (2 tuturan), mengajak (10 tuturan), menanyakan (130 tuturan), memerintah (21 tuturan), menuntut (30 tuturan), memohon (1 tuturan), memotivasi (1 tuturan), mengingatkan (1 tuturan), penamaan (3 tuturan), memberi salam (8 tuturan), sapaan (8 tuturan), memuji (11 tuturan), memmberi maaf (1 tuturan), dan terimakasih (1 tuturan). Tidak semua tindak tutur guru direspons siswa. Hal itu didasarkan pada konteks situasi tutur berlangsung. Adapun respons dari siswa terhadap tindak tutur memberitahu (1 respon verbal positif, 1 verbal negatif, 1 nonverbal positif), menyatakan (1 respon verbal negatif), menyarankan (1 respon verbal positif, 1 nonverbal negatif), mengajak (7 respon verbal positif), menanyakan (102 verbal positif, 7 verbal negatif, 10 nonverbal positif, 3 nonverbal negatif), memerintah (7 verbal positif, 4 nonverbal positif, 1 nonverbal negatif), menuntut (26 respon verbal positif, 1 nonverbal negatif), penamaan (1 respon verbal positif), mengucapkan salam (8 respon verbal positif), sapaan (8 respon verbal positif) dan memuji (1 respon nonverbal positif). %Z Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiah, M.Ag