%0 Thesis %9 Skripsi %A Ulfa Mawaddah Ahmad Opier, NIM.: 17104020043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45584 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Motivasi, Belajar bahasa Arab, Faktor %P 163 %T ADDAFI'YYATU FII TA'ALLUMI LUUGHATIL 'ARABIYYATI LADA TALAMIZ SHOFFIL HADI'ASYAR FIL MADRASATI ATSAANAWIYYATI ALISSLAMIYYATISIIRAM ALGARBIYYATI BII MALUKU %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45584/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 di MAN Seram Bagian Barat serta faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN Seram Bagian Barat. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI MAN Seram Bagian Barat. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk pengembangan proses pembelajaran bahasa arab kedepannya. Penelitian ini menggunakan Pendekatan deskriptif Kualitatif dan empat langkah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu Observasi, Wawancara, dan Angket terbuka. Dan peneliti menggunakan beberapa jenis Uji Validitas datan yaitu Uji kredibilitas, Uji portabilitas, Uji reliabilitas dan objektivitas. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI terbilang rendah, dan para siswa tidak memiliki minat belajar bahasa Arab karena hanya terdapat 8 siswa dari 50 siswa yang memiliki motivasi belajar bahasa Arab. 2) Faktor-faktor intrinsic yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa adalah Tidak adanya motivasi diri, tidak adanya ketertarikan pada bahasa Arab, tidak adanya keingintahuan tentang bahasa Arab, dan tidak adanya rasa kebutuhan tentang bahasa Arab. 3) Faktor-faktor ekstrinsik yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar bahasa Arab siswa adalah guru yang mengajar tidak menyenangkan, kelas yang tidak nyaman digunakan, tidak tersedianya sarana dan prasarana, tidak adanya motivasi orang tua untuk belajar Bahasa Arab, kurangnya pengawasan orang tua, dan orang tua mengganggap bahwa %Z Pembimbing : Dr.H. Tulus Musthafa, Lc. MA