@phdthesis{digilib45585, month = {April}, title = {PENGARUH PENGUASAAN AL-QAWA?ID AL-NA{\d H}WIYYAH SISWA TERHADAP KEMAMPUAN QIRAAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs IHSANIYAH BANYUMUDAL MOGA PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104020049 Reni Wahyuni}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Dr. Dailatus Syamsiah, M. Ag}, keywords = {Al-Qaw{\=a}id Al-Na{\d h}wiyah, Penguasaan, Qir{\=a}ah.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45585/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penguasaan Al- Qaw{\=a}?id Al-Na{\d h}wiyyah siswa, seberapa besar kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa dan adakah pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qaw{\=a}?id Al-Na{\d h}wiyyah siswa terhadap kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tes yang dilakukan mencakup tes penguasaan Al-Qaw{\=a}?id Al-Na{\d h}wiyyah dan tes kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang. Lalu data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan siswa kelas VIIII MTs Ihsaniyah Banyumudal tentang Al-Qaw{\=a}?id Al-Na{\d h}wiyyah termasuk dalam kategori sedang, yaitu pada kelas interval 70-82 dengan presentase 30,9\%. (2) Kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII-I MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang termasuk dalam kategori sedang, yaitu pada kelas interval 76-83 dengan presentase 41,9\%. (3) Terdapat p Pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qaw{\=a}id Al-Na{\d h}wiyah terhadap kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Arab MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 26, yang mana diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil {\ensuremath{<}} dari probabilitas 0,05, dan nilai thitung lebih besar {\ensuremath{>}} dari nilai ttabel yaitu 5.300 {\ensuremath{>}} 2.019, sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qaw{\=a}id Al-Na{\d h}wiyah terhadap kemampuan Qir{\=a}ah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang.} }