relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45585/ title: PENGARUH PENGUASAAN AL-QAWAʻID AL-NAḤWIYYAH SISWA TERHADAP KEMAMPUAN QIRAAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs IHSANIYAH BANYUMUDAL MOGA PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021 creator: Reni Wahyuni, NIM.: 17104020049 subject: Evaluasi Pendidikan subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penguasaan Al- Qawāʻid Al-Naḥwiyyah siswa, seberapa besar kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa dan adakah pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qawāʻid Al-Naḥwiyyah siswa terhadap kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tes yang dilakukan mencakup tes penguasaan Al-Qawāʻid Al-Naḥwiyyah dan tes kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang. Lalu data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan siswa kelas VIIII MTs Ihsaniyah Banyumudal tentang Al-Qawāʻid Al-Naḥwiyyah termasuk dalam kategori sedang, yaitu pada kelas interval 70-82 dengan presentase 30,9%. (2) Kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII-I MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang termasuk dalam kategori sedang, yaitu pada kelas interval 76-83 dengan presentase 41,9%. (3) Terdapat p Pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qawāid Al-Naḥwiyah terhadap kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Arab MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 26, yang mana diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil < dari probabilitas 0,05, dan nilai thitung lebih besar > dari nilai ttabel yaitu 5.300 > 2.019, sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Al-Qawāid Al-Naḥwiyah terhadap kemampuan Qirāah pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ihsaniyah Banyumudal Moga Pemalang. date: 2021-04-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45585/1/17104020049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45585/10/17104020049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Reni Wahyuni, NIM.: 17104020049 (2021) PENGARUH PENGUASAAN AL-QAWAʻID AL-NAḤWIYYAH SISWA TERHADAP KEMAMPUAN QIRAAH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII MTs IHSANIYAH BANYUMUDAL MOGA PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.