%A MUHAMMAD ZUHRI - NIM. 96413272 %O Pembimbing: Dra. Hj. Marhumah, M.Pd %T METODE PEMELIHARAAN HAFALAN AL QUR'AN BAGI PARA HAFIDH DI MADRASAH HUFADH PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA %X ABSTRAK Usaha untuk memelihara kemurnian al-Qur'an yang dilakukan oleh generasi muslim, diikuti oleh generasi Islam yang berada di Indonesia. Di Indonesia banyak diterbitkan mushaf-mushaf al-Qur'an yang sebelumnya telah ditashih kebenarannya oleh tim pentashih yang dibentuk oleh Departemen Agama RI, juga banyak lembaga pendidikan Islam yang menekuni bidang tahfidhul Qur'an. Salah satu pendidikan Islam yang menekuni adalah Madrasah Huffadh Pondok Pesantren al-Munawwir Krapyak Kulon Panggungharjo, Sewon Bantul Yogyakarta. Dalam pembelajarannya Pondok ini bertujuan untuk membina para santrinya hafal al-Qur'an dan berperilaku Qur'ani. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah semua santri yang mampu menghafal Qur'an 30 juz dan masih tinggal di Madrasah huffadh Pondok Pesantren al-Munawwir (15 orang) serta para asatidh dan pengurus. Untuk memperoleh data yang diperlukan ada beberapa metode yang dipergunakan yaitu metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang masuk menggunakan metode analisa data kualitatif dan menggunakan cara berfikir deduktif dan induktif. Metode pemeliharaan hafalan al-Qur'an oleh para hafidh meliputi: Takror (pengulangan hafalan), simaan al-Qur'an, hafalan digunakan dalam shalat, menjadi asatidz, ikut kegiatan Musabaqoh fdhil Qur'an, mendengarkan bacaan al-Qur'an orang lain dengan memanfaatkan alat Bantu elektronik, melakukan amaliah khusus dari guru untuk memperlancar dan berhasil dalam hafalan Qur'an. Adapun factor pendukung dalam keberhasilan hafalan diantaranya adalah sering diundang untuk membaca al-Qur'an, sehat jasmani dan rohani, situasi dan kondisi lingkungan yang baik, dan adanya fasilitas yang memadai. Faktor penghambatnya adalah kesehatan terganggu, situasi dan kondisi lingkungan yang gadu, timbulnya rasa jemu dan putus asa, kurang dapat konsentrasi, dan ekonomi yang tidak stabil. div %K metode pemeliharaan hafalan al-Qur'an, hafidh, huffadh, pendidikan Islam %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4565