eprintid: 4566 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/45/66 datestamp: 2013-07-25 10:11:17 lastmod: 2013-07-25 10:13:49 status_changed: 2012-05-04 16:46:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NANANG IMAN - NIM. 94412748, title: KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU YAA BUNAYAA BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kurikulum, metode, pendidikan agama Islam, TKIT Yaa Bunayaa note: Pembimbing: Drs. H.M. Noor Matdawam abstract: ABSTRAK Pentingnya metode dalam proses pendidikan adalah sebagai cara yang dapat dilakukan untuk sampai pada tujuan dan sifatnya yang praktis, cepat dan tepat serta dapat dirasakan manfaatnya bagi anak didik. Metode sebagai cara jalan meluruskan pelaksanaan kurikulum agar tidak menyimpang dari sasaran yang hendak dicapai. Oleh sebab itu dalam proses pendidikan utamanya mendukung sampainya kurikulum pada anak dapat dikuasai, dipahami, dan dihayati sangat perlu agar kurikulum yang diberikan tidak mengalami kemandekan. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah, Ketua Yayasan as-Sakinah Hidayatullah Yogyakarta, dan Kepala Sekolah TKIT Yaa Bunayya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, dokumentasi dan metode observasi. Untuk menganalisis data menggunakan jenis analisis data kualitatif, metode pembahasannya dengan cara deduktif dan induktif. Kurikulum bagi pendidikan agama Islam di TKIT Yaa Bunayya secara substansial telah memenuhi standard, baik dari segi pola penyusunannya maupun cakupan yang dimuatnya, yakni kurikulum telah memadukan dalam hal materi, sedang dalam proses belajar mengajar, tujuan serta evaluasi belum semuanya dilaksanakan. Dari segi metode yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar ditemukan beberapa metode yaitu metode membaca, menulis, menyayi, menghafal, dialog serta cerita, sudah terpenuhi. Hasil yang dicapai dari segi kurikulum yaitu dari sejumlah materi pendidikan agama Islam yang diajarkan dapat dipraktekkan anak didik khususnya yang bersifat ibadah seperti shalat, zakat, latihan manasik haji. Dalam bidang akhlak yaitu anak dapat berkata dengan sopan santun, sedekah, tolong menolong. Dalam hal metode adalah metode membaca dan menulis , metode ini mengenalkan bacaan dan tulisan pelajaran bahasa arab. div date: 2010-06-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2010-06-03 14:57:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nanangiman-4347-1-nanangi-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/87/digilib-uinsuka--nanangiman-4347-1-nanangi-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4867 ; nama file lama : NANANG IMAN - NIM. 94412748 KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU YAA BUNAYAA BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 957838 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2010-06-03 14:57:50 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nanangiman-4347-1-nanangi-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/87/digilib-uinsuka--nanangiman-4347-1-nanangi-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4867 ; nama file lama : NANANG IMAN - NIM. 94412748 KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU YAA BUNAYAA BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 957838 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NANANG IMAN - NIM. 94412748, (2010) KURIKULUM DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU YAA BUNAYAA BALONG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/12/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/13/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/14/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/15/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/16/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/17/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/18/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4566/19/small.jpg