%A NIM. 96473425 NURUL HIDAYATI %O Pembimbing: Drs. maragustam Siregar, MA. %T INTERAKSI ORANG TUA WALI MURID DENGAN GURU SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI BELAJAR ANAK %X ABSTRAK Orang tua merupakan orang yang pertama dan utama yang wajib bertanggung jawab atas pendidikan anaknya, tetapi tidak semua tugas mendidik dan mengajar dapat dlaksanakan orang tua dalam keluarga, terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan berbagai macam ketrampilan. Oleh karena itu keluarga membutuhkan bantuan sekolah untuk mengajar dan mendidik, sekolah hanya melanjutkan pendidikan anak-anak yang telah dilakukan orang tua di rumah. Di SD Muhammadiyah Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta telah menerapkan interaksi antara wali murid dengan guru untuk mendiskusikan, mengevaluasi, dan mencari solusi dari persoalan-persoalan yang dihadapi orang tua, guru dan anak dalam proses belajar mengajar di sekolah, untuk tercapainya tujuan pendidikan dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Yang menjadi subyek dalam penelitian iniadalah orang tua didik, guru-guru,dan peserta didik denganmengambil sample 89 orang siswa (untuk kelas III SD). Untuk memperoleh data penelitian menggunakan metode angket, metode interview, metode observasi, dan metode dokumentasi.Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif (non statistik), dan data kuantitatif (statistik). Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah, masyarakat, dan pemerintah. Tanggung jawab pendidikan tidak hanya dilimpahkan pada sekolah (guru), tetapi peran pendidikan dan bimbingan orang tua di rumah sangatlah penting untuk membantu mencapai dan mewujudkan tujuan pendidikan anak di sekolah. Pelaksanaan kegiatan pertemuan orang tua murid dengan guru di SD Muhammadiyah Condong Catur terbagi menjadi dua kegiatan. Pertama, kegiatan pengajian di mulai jam 06.00-07.00, Kedua, kegiatan interaksi orang tua dengan guru (konsultasi kemajuan belajar siswa) dimulai jam. 07.00-08.00 yang dipimpin langsung guru wali kelas masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Ahad secara bergiliran dan terjadwal, yaitu minggu pertama untuk kelas I dan II, minggu kedua untuk kelas III dan IV, minggu ketiga untuk kelas V dan VI. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut ada peningkatan hasil prestasi belajar anak yang signifikan yaitu semakin baik prestasi belajar mereka. div %K interaksi antara orang tua dan guru, pendidikan anak, prestasi belajar %D 2015 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4567