%0 Thesis %9 Skripsi %A Fahri Nur Fauzi, NIM.: 16220040 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:45699 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Layanan Home Visit, Motivasi Belajar Mandiri %P 134 %T LAYANAN HOME VISIT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI SISWA MTs NEGERI 6 BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45699/ %X Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan belajar mengajar harus dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Tidak adanya tatap muka antara guru dengan siswa menimbulkan turunnya motivasi belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa yang mengisi presensi tetapi tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar, siswa yang tidak mengerjakan tugas, dan siswa yang selama proses belajar mengajar terlambat atau tidak mengisi presensi, hal tersebut membuat kegiatan belajar mengajar terhambat. Perlu diadakan layanan home visit untuk meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa. Karena dengan adanya layanan home visit siswa yang semula tidak memiliki motivasi untuk belajar menjadi termotivasi karena adanya dorongan dari luar yang diberikan guru maupun orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana layanan home visit yang dilakukan guru bimbingan konseling (BK) MTs Negeri 6 Bantul, sehingga dari layanan home visit tersebut apakah dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa, kemudian penelitian ini berfokus mendeskripsikan tahap-tahap layanan home visit dalam meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa MTs Negeri 6 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah 2 guru BK, 3 siswa MTs Negeri 6 Bantul, dan 3 orang tua atau wali siswa. Sedangkan objek penelitian adalah tahap-tahap layanan home visit dalam meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang telah terkumpul disusun dan diverifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap layanan home visit dalam meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa MTs Negeri 6 Bantul meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. %Z Pembimbing : Zaen Musyrifin, S.Sos.I, M.Pd.I