@phdthesis{digilib45702, month = {March}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MANAJEMEN KONFLIK SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16220082 Abdul Mun?im}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Citra Widyastuti, S.Psi., M.Psi}, keywords = {Kecerdasan Emosional, Manajemen Konflik, Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45702/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompleksivitas permasalahan yang dialami remaja khususnya siswa di SMP Negeri 15 Yogyakarta sehingga setiap individu membutuhkan manajemen konflik yang baik untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hipotesis awal pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi pula manajemen konflik yang dimiliki siswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah manajemen konflik yang dimiliki siswa. Subyek dalam penelitian ini sejumlah 61 siswa kelas 9 SMP Negeri 15 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan menggunakan dua skala yaitu skala kecerdasan emosional dan skala manajemen konflik. Teknik pengumpulan data pelengkap menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi uji koefisien Kontingensi dengan bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional siswa dengan manajemen konflik siswa sebesar 0,498 dengan p=0,000 (p{\ensuremath{<}}0,001) taraf signifikansi 1\%. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima, yakni terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik siswa. Semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka akan semakin tinggi pula manajemen konflik siswa. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional siswa makan akan semakin rendah manajemen konflik siswa.} }