eprintid: 4571 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/45/71 datestamp: 2012-12-27 12:13:48 lastmod: 2017-04-05 03:19:13 status_changed: 2012-05-04 16:46:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI MULYANI - NIM. 97423696, title: METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL- MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: metode pengajaran, kitab kuning, kemahiran membaca teks berbahasa arab note: Pembimbing: Drs. H. Mualif Syahlani abstract: MTs al-Ma'had an-Nur Ngrukem sebagai lembaga formal telah memadukan kurikulum Departemen Agama dengan kurikulum local yang berupa pengajaran kitab kuning yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami kitab-kitab atau buku-buku berbahasa arab dan juga sebagai sarana yang efektif untuk membiasakan membaca teks-teks berbahasa arab lainnya. Dari sini perlu diteliti tentang metode pengajaran kitab kuning dan pengaruhnya terhadap kemahiran membaca teks berbahasa arab. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sample random, dan subyek datanya adalah Kepala Sekolah, Guru kitan kuning, dan siswa kelas II MTs al-Ma'had an-Nur berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, metode interview, metode kuesioner, metode dokumentasi, dan test. Analisa data yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan tehnik berfikir deduktif dan induktif, dan metode kuantitatif dengan menggunakan analisa data statistic. Metode yang digunakan dalam pengajaran kitab kuning di MTs al-Ma'had an-Nur adalah metode membaca, metode grammer dan terjemah, metode tanya jawab dan metode diskusi. Ada pengaruh yang signifikan antara metode pengajaran kitab kuning dan kemahiran membaca teks berbahasa arab. Ini didasarkan dari perhitungan skor nilai rekapitulasi hasil angket dengan skor nilai kemahiran membaca teks berbahasa arab dan menghasilkan nilai sebesar 0,948, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan kepada table nilai r prodact moment dengan mempergunakan df 45. div date: 2010-06-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-06-03 15:22:29 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--srimulyani-4352-1-srimuly-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/88/digilib-uinsuka--srimulyani-4352-1-srimuly-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4872 ; nama file lama : SRI MULYANI NIM.97423696 METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL MA HAD ANUR BANTUL YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 863516 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SRI MULYANI - NIM. 97423696, (2010) METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL- MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4571/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4571/2/BAB%20II%2CIII.pdf