TY - THES N1 - Dr. H. Karwadi. M.Ag ID - digilib45735 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45735/ A1 - Sri Utami, NIM: 1710401034 Y1 - 2020/09/20/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah kemajuan pendidikan suatu negara dipengaruhi oleh banyak faktor yang berkontribusi. penelitian dan pengalaman menunjukkan bahwa salah satu faktor yang memeiliki kontribusi besar yaitu Profesionalisme guru. namun kenyataannya profesionalisme guru terutama guru PAI di indonesia masih rendah. Salah satu negara yang telah diakui dunia dengan sistem pendidikan terbaik yaitu Finlandia. Banyak faktor yang turut berkonstribusi Salah satu yang penting adalah kontribusi guru yang besar, hal ini merupakan kunci kesuksesan Pendidikan di Finlandia.. Konsep dan kebijakan finlandia dalam menciptakan guru yang profesional dan berkualitas diuraikan dengan cukup lengkap oleh Pasi Sahlberg dalam bukunya Finnish Lesson. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang profesionalisme guru finlandia juga mengenai bagaimana langkah finlandia untuk menghasilkan guru profesional dan berkualitas untuk kemudian dapat diambil relevansi yang sesuai untuk digunakan sebagai rujukan bagi indonesia dalam mengambil langkah menciptakan guru profesional. Penelitian ini merupakan jenis penelitain kajian pustaka (field research) dengan menggunakan buku Finnish Lesson karya Pasi Sahlberg. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan 2 metode yaitu metode deskriptif kualitatif dengan analisi isi (content analysis) juga metode analisis deduksi Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Relevansi diantara keduanya terdapat pada kompetensi guru, alur sertifikasi dan model profesionaisasi guru. 1) Dari segi kompetensi guru, atara guru finlandia dengan guru PAI di indonesia memiliki relevansi yang besar. Secara kesuluruhan kompetensi yang dibutuhkan sama hanya berbeda dalam pengkategorian. 2) Model penyelenggaaraan pedidikan guru di finlandia menggunakan concurrent model atau model seiring. Indonesia juga menngunakan concurrent model dalam penyelenggaraan pendidikan guru. Namun sejak diberlakukannya Undang-Undang Guru dan Dosen, nampaknya penyelenggaraan pendidikan guru saat ini cenderung dilakukan tidak hanya dengan model concurrent model (model seiring) namun juga dengan menggunakan consecutive model (Model Berlapis). 3) Alur profesionalisasi untuk sertifikasi atau lisensi secara garis besar memiliki kesamaan,di mulai dari rekruitmen, persiapan/pendidikan guru , induksi dan mentoring , kemudian melakukan pengembangan profesional secara berkelanjutan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Profesionalisme Guru KW - Finlandia KW - PAI KW - Pasi Sahlberg M1 - skripsi TI - PROFESIONALISME GURU DI FINLANDIA MENURUT PASI SAHLBERG DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM AV - restricted EP - 216 ER -