relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45766/
title: PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER ROHIS DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA
creator: Hafiz Yazid, NIM.: 14410043
subject: Pendidikan Agama Islam
subject: DAKWAH ISLAM
description: Penelitian ini berawal dari keresahan yang terjadi pada Pendidikan Agama  Islam, selama ini masih menekankan pembelajaran kognitif saja dan dianggap gagal/  belum bisa menjawab problematika peserta didik. Dampak yang terjadi yakni masih  maraknya perilaku siswa yang berbanding terbalik dari tujuan pendidikan, seperti  perilaku bullying, berkata kotor, dan mengabaikan ibadah (membolos saat shalat  jamaah). Hal tersebut merupakan contoh dari perilaku siswa yang tampak, dan masih  banyak perilaku siswa yang tidak tampak. Dengan demikian peran guru dan lembaga  pendidikan menjadi penting untuk memperbaiki aspek religiutas siswanya,  sebagaimana pengembangan religiusitas yang terjadi di SMA Negeri 2 Bantul  Yogyakarta melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS. Adapun tujuan penilitian ini  adalah mendeskripsikan program ektrakurikuler ROHIS, implementasi dari kegiatan  ektrakurikuler ROHIS, dan peran guru PAI dalam membangun religiusitas siswa  melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA  Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan  analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan  triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil  wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang  berkaitan.  Hasil penelitian menunjukkan: Program ekstrakurikuler ROHIS di SMA Negeri  2 Bantul Yogyakarta, adalah sebagai berikut: (a) kegiatan internal (dakwah ammah),  dan (b) kegiatan ektsternal (dakwah Khassah). Impelementasi program ektrakurikuler  ROHIS dilakukan, yakni dengan; (a) memberikan pembelajaran PAI agar tercukupi  pengetahuan ajaran Islam siswa, (b) melakukan pembiasaan untuk memupuk  keyakinan ajaran Islam siswa, (c) melakukan pembinaan yang dapat memberikan  pengalaman ajaran Islam siswa, (d) memberikan contoh tauladan dan bimbingan pada  siswa agar pengamalan ajaran Islam siswa lebih baik, dan (e) memberikan nasehat dan peraturan agar siswa memiliki kesadaran (efek) dalam pelaksanaan ajaran Islam.  Peran guru PAI SMA Negeri 2 Bantul Yogakarta dalam mengembangkan religiusitas siswa, adalah: (a) sebagai pengajar, (b) sebagai pendidik, (c) sebagai korektor, (d)  sebagai pelatih, (e) sebagai penasehat, (f) sebagai model dan teladan, (g) sebagai fasilitator, (h) sebagai motivator, (i) sebagai pemberi inspirasi, dan (j) sebagai  pembimbing.
date: 2020-01-19
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45766/1/14410043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45766/2/14410043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Hafiz Yazid, NIM.: 14410043  (2020) PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER ROHIS DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.