TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si, ID - digilib45766 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45766/ A1 - Hafiz Yazid, NIM.: 14410043 Y1 - 2020/01/19/ N2 - Penelitian ini berawal dari keresahan yang terjadi pada Pendidikan Agama Islam, selama ini masih menekankan pembelajaran kognitif saja dan dianggap gagal/ belum bisa menjawab problematika peserta didik. Dampak yang terjadi yakni masih maraknya perilaku siswa yang berbanding terbalik dari tujuan pendidikan, seperti perilaku bullying, berkata kotor, dan mengabaikan ibadah (membolos saat shalat jamaah). Hal tersebut merupakan contoh dari perilaku siswa yang tampak, dan masih banyak perilaku siswa yang tidak tampak. Dengan demikian peran guru dan lembaga pendidikan menjadi penting untuk memperbaiki aspek religiutas siswanya, sebagaimana pengembangan religiusitas yang terjadi di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan program ektrakurikuler ROHIS, implementasi dari kegiatan ektrakurikuler ROHIS, dan peran guru PAI dalam membangun religiusitas siswa melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: Program ekstrakurikuler ROHIS di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta, adalah sebagai berikut: (a) kegiatan internal (dakwah ammah), dan (b) kegiatan ektsternal (dakwah Khassah). Impelementasi program ektrakurikuler ROHIS dilakukan, yakni dengan; (a) memberikan pembelajaran PAI agar tercukupi pengetahuan ajaran Islam siswa, (b) melakukan pembiasaan untuk memupuk keyakinan ajaran Islam siswa, (c) melakukan pembinaan yang dapat memberikan pengalaman ajaran Islam siswa, (d) memberikan contoh tauladan dan bimbingan pada siswa agar pengamalan ajaran Islam siswa lebih baik, dan (e) memberikan nasehat dan peraturan agar siswa memiliki kesadaran (efek) dalam pelaksanaan ajaran Islam. Peran guru PAI SMA Negeri 2 Bantul Yogakarta dalam mengembangkan religiusitas siswa, adalah: (a) sebagai pengajar, (b) sebagai pendidik, (c) sebagai korektor, (d) sebagai pelatih, (e) sebagai penasehat, (f) sebagai model dan teladan, (g) sebagai fasilitator, (h) sebagai motivator, (i) sebagai pemberi inspirasi, dan (j) sebagai pembimbing. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ruang belajar; guru; program dakwah ammah M1 - skripsi TI - PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER ROHIS DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 168 ER -