TY  - THES
N1  - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si,
ID  - digilib45766
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45766/
A1  - Hafiz Yazid, NIM.: 14410043
Y1  - 2020/01/19/
N2  - Penelitian ini berawal dari keresahan yang terjadi pada Pendidikan Agama
Islam, selama ini masih menekankan pembelajaran kognitif saja dan dianggap gagal/
belum bisa menjawab problematika peserta didik. Dampak yang terjadi yakni masih
maraknya perilaku siswa yang berbanding terbalik dari tujuan pendidikan, seperti
perilaku bullying, berkata kotor, dan mengabaikan ibadah (membolos saat shalat
jamaah). Hal tersebut merupakan contoh dari perilaku siswa yang tampak, dan masih
banyak perilaku siswa yang tidak tampak. Dengan demikian peran guru dan lembaga
pendidikan menjadi penting untuk memperbaiki aspek religiutas siswanya,
sebagaimana pengembangan religiusitas yang terjadi di SMA Negeri 2 Bantul
Yogyakarta melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS. Adapun tujuan penilitian ini
adalah mendeskripsikan program ektrakurikuler ROHIS, implementasi dari kegiatan
ektrakurikuler ROHIS, dan peran guru PAI dalam membangun religiusitas siswa
melalui kegiatan ektrakurikuler ROHIS di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA
Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan
triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil
wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang
berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan: Program ekstrakurikuler ROHIS di SMA Negeri
2 Bantul Yogyakarta, adalah sebagai berikut: (a) kegiatan internal (dakwah ammah),
dan (b) kegiatan ektsternal (dakwah Khassah). Impelementasi program ektrakurikuler
ROHIS dilakukan, yakni dengan; (a) memberikan pembelajaran PAI agar tercukupi
pengetahuan ajaran Islam siswa, (b) melakukan pembiasaan untuk memupuk
keyakinan ajaran Islam siswa, (c) melakukan pembinaan yang dapat memberikan
pengalaman ajaran Islam siswa, (d) memberikan contoh tauladan dan bimbingan pada
siswa agar pengamalan ajaran Islam siswa lebih baik, dan (e) memberikan nasehat dan peraturan agar siswa memiliki kesadaran (efek) dalam pelaksanaan ajaran Islam.
Peran guru PAI SMA Negeri 2 Bantul Yogakarta dalam mengembangkan religiusitas siswa, adalah: (a) sebagai pengajar, (b) sebagai pendidik, (c) sebagai korektor, (d)
sebagai pelatih, (e) sebagai penasehat, (f) sebagai model dan teladan, (g) sebagai fasilitator, (h) sebagai motivator, (i) sebagai pemberi inspirasi, dan (j) sebagai
pembimbing.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - ruang belajar; guru; program dakwah ammah
M1  - skripsi
TI  - PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN EKTRAKURIKULER ROHIS DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA
AV  - restricted
EP  - 168
ER  -