eprintid: 45787 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/57/87 datestamp: 2021-10-22 08:28:17 lastmod: 2021-10-29 03:00:07 status_changed: 2021-10-22 08:28:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Siti Fadhilatul Hidayah, NIM.: 17104020064 title: UPAYA MEMBANGUN PERSEPSI POSITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KREATIVITAS GURU DI KELAS IX MTs NEGERI 6 SUBANG TAHUN AJARAN 2020-2021 SKRIPSI ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membangu persepsi positif peserta didik melalui kreativitas di kelas IX MTs Negeri 6 Subang. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan teknik analisis statistik sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 metode, yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana pembelajaran bahasa Arab di kelas IX MTs Negeri 6 Subang. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan Madrasah. Sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui persepsi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab melalui kreativitas guru. Penelitian ini diangkat, karena peran penting dalam proses belajar mengajar adalah dari sisi persepsi peserta didik terhadap pelajaran tertentu. Oleh karena itu peserta didik yang beranggapan baik terhadap suatu mata pelajaran maka akan menimbulkan persepsi yang positif, dan juga sebaliknya. Salah satu penyebab terjadinya persepsi peserta didik dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam mengajar. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji One Sampel T-test. Hasil dari penelitian ini adalah pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-talled) sebesar 0.000 atau > 0.05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa Ha diterima. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap persepsi positif peserta didik kelas IX MTs Negeri 6 Subang. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Fadhilatul Hidayah, NIM.: 17104020064 (2021) UPAYA MEMBANGUN PERSEPSI POSITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KREATIVITAS GURU DI KELAS IX MTs NEGERI 6 SUBANG TAHUN AJARAN 2020-2021 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45787/1/17104020064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45787/10/17104020064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf