eprintid: 45789 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/57/89 datestamp: 2021-10-22 08:32:46 lastmod: 2021-10-22 08:32:46 status_changed: 2021-10-22 08:32:46 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Andi Saputra, NIM.: 17104020082 title: ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Teknik Bernyanyi, Penguasaan Mufrodat, Teori Behaviorisme note: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd. I abstract: Latar belakang penelitian bahwa pembelajaran bahasa Arab terutama mufradat sangat penting bagi siswa, sebagai bekal dasar untuk memahami materi yang diberikan, yakni pemahaman terhadap makna kosakata, mampu mengucapkan secara baik, serta mampu menghafalkan sebagai bekal dalam proses pembelajaran. Teknik bernyanyi merupakan teknik yang diterapkan pada siswa kelas empat MI Al Hikmah Makarti Mulya, penggunaan teknik ini sebagai evaluasi dari proses pembelajaran melihat dari kondisi psikologi siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran terutama penghafalan mufradat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan teknik bernyanyi pada pengguasaan mufradat siswa kelas empat, bagaimana respon siswa, dan kelebihan dan kek urangan ditinjau dengan teori behaviorisme yang menekankan pada respon siswa terhadap pembelajaran dengan bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan pada MI Al Hikmah Makarti Mulya menggunakan analisis data kualitatif. Adapun teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknik bernyanyi untuk penguasaan mufradat dengan tinjauan teor i behaviorisme pada siswa kelas IV MI Al Hikmah Makarti Mulya, berjalan efektif dan membantu dalam penguasaan mufradat pada siswa. Secara psikologis siswa merasakan kenyamaan dalam belajar dan tanggap serta berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk penguasaan siswa dalam pembelajaran dapat dilihat dari hasil ujian semester yang ditempuh oleh siswa dan siswi kelas IV (empat) dengan rincian nilai pengetahuan bahasa Arab dengan perolehan nilai 77- 78 sebanyak 7 siswa, nilai 79-80 berjumlah 10 siswa. Adapun nilai keterampilan pembelajaran bahasa Arab nilai 77-78 sebanyak 10 siswa dan nilai 79-80 sebanyak 7 siswa, dengan KKM nilai bahasa Arab yang telah ditetapkan 75. Kelebihan yang didapat memberikan peran aktif bagi siswa serta mampu untuk menghafalkan mufradat dengan baik. Adapun kekurangan yang diperoleh penelitian; 1) Media yang dipakai kurang tepat, 2) Alokasi waktu yang dibutuhkan banyak, 3) Kreatifitas tinggi seorang guru sangat dibutuhkan agar benar-benar berjalan optimal. date: 2021-04-15 date_type: published pages: 126 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Andi Saputra, NIM.: 17104020082 (2021) ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45789/1/17104020082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45789/2/17104020082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf