%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Rosyid Mustaghfirin, NIM.: 14420107 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:45821 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K ketrampilan berbicara; ketrampilan meniyimak; pembelajaran %P 151 %T EKSPERIMENTASI METODE FONETIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA’ DAN KALAM KELAS IV MI MA’ARIF BEGO D.I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45821/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan metode fonetik dalam pembelajaran maharah istima’ dan kalam, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas IV MI Ma‟arif Bego Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tes dalam penelitian ini ada dua, yaitu pretest dan post-test. Uji validitas instrumen menggunakan product moment Karl Peorson untuk tes istima’ dan validasi ahli untuk soal kalam, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus kolmogorov-smirnov, serta uji homogenitas dengan test of homogenity variance. Hasil perolehan data diolah dan dianalisis menggunaka uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode fonetik berjalan dengan baik dan lancar. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar istima’ dan kalam pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t test nilai post-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) yang artinya ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 68,72, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 57,88. Sehingga, metode fonetik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran maharah istima’ dan kalam. %Z Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag., MA